Selasa, 18 Juni 2013

Hujan Bermakna Sebagai Pengembalian

Kita tahu bahwa hujan terbentuk apabila titik air yang terpisah jatuh ke bumi dari awan. Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi, sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering. Bermakna "pengembalian" itu sangat tepat.Sebab atmosfer yang melingkupi bumi memiliki beberapa lapisan yang kesemuanya memiliki fungsi pengembalian. Lapisan troposfer khususnya, 13 hingga 15km di atas permukaan bumi memungkinkan uap air yang naik dari permukaan bumimenjadi kumpulan yang nantinya akan turun kembali menjadi hujan. Itulah pengembalian yang dimaksud.

Tapi, pengembalian itu juga bisa bermakna dampak. Allah menciptakan seluruh alam beserta peristiwa-peristiwanya intuk kita, para manusia. Bila manusia memperlaukan alam dengan baik, maka Allah akan mengembalikan semua manfaatnya untuk kebaikan kelangsungan hidup. Sebaliknya, jika alam tak diperlakukan dengan baik oleh manusia, maka Allah pun akan mengembalikannya berupa bencana.
Hujan adalah salah satu cara Allah mengembalikan kebaikan atau keburukan kehidupan bagi bumi, bagi manusia.
Satu makna lagi tentang hujan. Bahwa hujan mampu menciptakan ketenangan. Bau hujan sangat menyenangkan. Sumber dari bau hujan itu adalah minyak yang diproduksi tumbuhan, kemudian diserap oleh batuan dan tanah, dan kemudian dilepas ke udara pada saat hujan. Bau itu sangat baik untuk ketenangan pikiran seseorang. Pikiran orang akan kembali pada titik awalnya, damai.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar